Seni Bela Diri Aikido Asal Jepang yang Populer di Dunia

Seni bela diri Aikido berasal dari Jepang dan sekarang sudah menyebar di berbagai negara, tidak terkecuali Indonesia. Jika membicarakan martial art, tentu saja sangat identik dengan aksi memukul, menendang, menghantam, membanting, dan lainnya.

Begitu juga dengan Aikido juga seperti itu, tetapi ada daya tarik tersendiri pada bela diri tersebu. Pastinya art atau seni dalam rangka membela diri serta mengalahkan semua musuh yang dihadapi. Anda sangat penasaran dengan seni bela diri Aikido silahkan membaca uraian berikut.

Mengenal Aikido Lebih Dekat

Begitu banyak martial art asal Jepang dan hingga sekarang masih banyak pengikutnya di seluruh pelosok dunia. Aikido merupakan salah satunya yang ternyata mempunyai filosofi kehidupan khas Jepang begitu kental. Penemu sekaligus mengembangkan martial art ini bernama Morihei Ueshiba pada awal tahun 1800an. Tentu saja saat itu Jepang sudah memiliki bela diri Karate sebagai warisan dari para Samurai.

Namun, martial art mempertontonkan kekerasan sangat frontal kepada para musuhnya. Hasilnya memang sangat efektif menumbangkan lawan saat bertarung, tetapi estetika dan seninya nyaris tidak ada. Oleh karenanya, Ueshiba mulai mengembangkan bela diri baru dengan lebih indah. Serta tidak begitu menonjolkan kekuatan martial art. Bela diri tersebut masih mengakar pada sebuah keluarga istana bernama Daito Ryu Aiki Jujutsu.

Masyarakat lebih mengenalnya dengan panggilan Jujutsu. Secara umum, Jutsu Jepang bisa diartikan art atau seni. Jadi, Jujutsu mengenalkan bela diri khas Jepang yang memberikan seni keindahan dalam bertarung. Meskipun dalam praktiknya, masih terlihat kaku dalam menangkis, membanting, serta melumpuhkan lawan. Jujutsu memang martial art berciri lebih defensif atau bertahan daripada menyerang secara frontal.

Oleh karenanya, Ueshiba terinspirasi dari Jujutsu, lalu mengembangkan seni bela diri Aikido. Hampir semua gerakan dan tekniknya mirip dengan Jujutsu, mulai dengan menangkis pukulan , membanting, hingga melumpuhkan. Namun, gerakannya cukup cepat dan bisa mengembalikan daya serang lawan menjadi lebih efektif. Tentu saja dengan mempraktikkan teknik bela dirinya sebaik-baiknya.

Mengenal Teknik Dasar Seni Bela Diri Aikido

Setiap ilmu martial art pasti ada teknik dasar dan harus dikuasai oleh pengikutnya. Tidak hanya satu atau dua gerakan dasar saja, tetapi cukup banyak. Semua teknik dasar tersebut harus dikuasai agar bisa menguasai keseluruhan dari seni bela dirinya.

Begitu juga dengan Aikido yang memiliki beberapa teknik dasar. Khususnya untuk para pemula bisa belajar satu per satu tekniknya dengan bimbingan instruktur atau guru profesional. Berikut beberapa teknik seni bela diri Aikido yang perlu Anda ketahui.

  • Ikkyo

    Salah satu teknik yang bertujuan mengontrol lawan memakai kedua tangan. Tangan kanan berada di siku dan tangan kiri dekat pergelangan tangan. Caranya dengan mencengkeram tangan lawan, sehingga saraf dan ototnya terasa sakit hingga bisa melumpuhkannya.

    Rasa sakit tersebut akan terus terasa bahkan semakin meningkat seiring kekuatan mencengkeramnya. Oleh karenanya, pengguna tekniknya juga perlu memperkirakan kekuatan cengkeramannya. Membutuhkan waktu lama untuk bisa melakukan hal tersebut

  • Nikyo

    Teknik seni bela diri Aikido dengan mengunci bagian pergelangan tangan musuh dengan menggerakkan bagian lengannya. Jadi, seperti Anda memutar pergelangan tangan, lalu membanting musuh hingga terjatuh. Meskipun terkesan sederhana, tetapi praktiknya cukup sulit dan harus berlatih berulang kali.

    Bisa membutuhkan waktu berminggu-minggu hanya untuk menguasai satu teknik ini saja. Bahkan, latihannya perlu dilakukan setiap hari agar setiap gerakan dan posisi tubuh terus dihapal. Anda harus melatih diri secara teratur untuk lebih mengenal tekniknya

  • Yonkyo

    Satu lagi teknik seni bela diri Aikido yang harus dikuasai oleh pemula, yaitu Yonkyo. Sebenarnya tekniknya mirip dengan Ikkyo, tetapi gerakan mencengkeramnya menggunakan kedua tangan. Jadi, lengan bawah lawan dicengkeram cukup keras hingga menekan bagian saraf-sarafnya yang dijamin terasa sakit.

    Rasa sakit tersebut akan membuat lawan kesakitan hingga menjadikannya cidera otot. Tentu saja dengan latihan terus menerus hingga menguasai teknik ini. Anda yang mempraktikkannya juga perlu partner atau lawan tanding agar cepat menguasainya.

  • Tenchinage

    Teknik satu ini cukup populer di aikido karena mampu melemparkan tubuh lawan hingga terpelanting dan terjatuh. Bahkan, berat badan lawan yang lebih besar masih bisa mampu membanting dan melemparkannya. Intinya dengan merusak keseimbangan tubuhnya, lalu memegang satu tangan lawan untuk melemparkan tubuhnya.

    Bagi yang sudah profesional, tentu saja mudah mempraktikkannya. Berbeda untuk para pemula tentu saja perlu mengawalinya dengan posisi kuda-kuda yang benar. Jika ingin serius mempelajari semua tekniknya, silahkan segera mencari tempat latihannya yang profesional.

Sekarang, Anda sekalian sudah semakin mengenal salah satu martial art sekaligus olahraga bernama Aikido. Teknik dan gerakannya cukup unik, indah, tetapi begitu mematikan lawan. Jadi, seni bela diri Aikido memang pantas untuk dipelajari karena filosofinya yang bagus.