Apa Pentingnya Data Pelanggan Bagi Seorang Pengusaha?

Salah satu hal yang banyak di lupakan oleh seorang pengusaha, terlebih lagi pengusaha pemula adalah data pelanggan. Alasannya adalah karena masih belum banyak yang tau manfaat dan pentingnya data ini bagi perkembangan sebuah usaha.

Padahal andai saja setiap pengusaha mengetahui pentingnya hal ini, maka bisnis yang dijalani akan tumbuh dan berkembang dengan pesat.

Perlu diketahui, bahwa data pelanggan ini adalah senjata yang cukup ampuh bagi setiap pelaku usaha. Jika data yang dimiliki lengkap dan akurat, maka tidak akan ditemukan lagi beberapa masalah seperti sulit mendistribusikan produk, kebingungan memetakan pasar, dan lain sebagainya. Lalu kenapa sih data yang satu ini begitu penting bagi seorang pengusaha?

1. Sebagai Guide Penjualan

Penjualan tidak akan tepat sasaran apabila tidak memiliki guide atau penunjuk arah yang benar. Nah peran dari data yang satu ini adalah untuk mengarahkan seorang pengusaha supaya setiap produk yang akan di pasarkannya itu tidak salah market. Selain itu, jika tenaga penjual yang dimiliki memiliki data yang satu ini, maka proses atau aktivitas penjualan akan menjadi cepat dan juga efektif. Artinya, untuk menghemat waktu dan juga gaji karyawan seorang pengusaha membutuhkan data ini.

2. Untuk Menganalisa Penjualan

Proses penjualan itu membutuhkan strategi yang tidak boleh asal-asalan. Salah satu hal yang akan mempengaruhi pengambilan strategi yang akan di ambil nantinya adalah data pelanggan. Melalui data yang satu ini, maka seorang pengusaha akan dapat memetakan seperti apa baik buruknya jika strategi itu yang di ambil. Dengan data ini juga maka dapat diketahui kapan dan kenapa bisa terjadi penurunan dan juga peningkatan penjualan. Sehingga langkah yang akan di ambil saat terjadi penurunan penjualan bisa tepat sasaran karena melihat kebiasaan dari pelanggan.

3. Dapat Menggambarkan Potensi Pasar

Pasar merupakan kolam ikan bagi seorang pengusaha. Namun jika seorang pengusaha tidak tepat dalam mengambil langkah yang akan di ambil maka bisa jadi bisnisnya malah rugi sendiri. Padahal suatu hal yang mustahil bagi seorang pengusaha ingin berhasil jika tidak mengetahui target pasarnya sendiri.

Oleh karenanya, data ini akan memberikan pencerahan untuk menentukan potensi dan target pasar yang dilihat dari area dan juga kelompok umur. Dengan diketahuinya data tersebut, maka seorang pengusaha bisa menentukan pembeli yang tepat untuk produk yang dijualnya.

4. Bisa Merekam Customer Blacklist

Salah satu hal yang harus diperhatikan oleh seorang pengusaha adalah customer blacklist. Dengan memiliki data pelanggan, maka seorang pebisnis tidak akan menjual produk pada orang yang salah. Hal ini penting supaya tidak membuang-buang waktu.

5. Sebagai Sarana Berkomunikasi dengan Pelanggan

Seorang pengusaha yang baik maka akan membangun hubungan yang baik dengan para pelanggannya. Oleh karena itu data ini penting sekali untuk para pengusaha yang ingin mengambil hati para customer setia nya. Dengan begitu, diharapkan para pelanggan akan semakin loyal sehingga bisa meningkatkan omset penjualan.

Nah itulah beberapa alasan mengapa data pelanggan ini penting bagi seorang yang akan terjun di dunia usaha. Setelah mengetahui hal ini, maka mulai sekarang data yang satu ini tidak boleh di anggap remeh lagi. Sebelum melangkah terlalu jauh lagi, alangkah baiknya mulai saat ini juga harus mulai rapi mengelola yang satu ini. Dengan begitu, diharapkan bisnis yang baru di mulai atau sedang di jalankan itu profitnya bisa semakin meningkat lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *